RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Jenjang / Sekolah : SDN Gogorante Kediri
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester : V/2
Waktu :
4 x 35 menit
A.
Standar Kompetensi
Reading : Memahami tulisan bahasa Inggris sangat
sederhana dalam konteks kelas.
Writing : Mengeja dan menyalin tulisan bahasa
Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
Listening : Memahami instruksi sangat sederhana
dengan tindakan dalam konteks kelas
Speaking :
Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks
kelas
B. Kompetensi Dasar
7.1
Memahami
kalimat, pesan tertulis, dan teks dekriptif bergambar sangat sederhana secara
tepat dan berterima
4.1. Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan
berterima dengan tanda baca yang benar yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat
sangat sederhana
5.2 Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal
6.3. Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang
melibatkan tindak tutur: memberi informasi, memberi pendapat,
dan meminta kejelasan
C. Indikator
Reading:
1. Melafalkan kosa kata dan frasa baru
2. Mencari makna kata
3. Reading nyaring bacaan
4. Mencari informasi
Writing:
1. Menulis kalimat
2. Menyusun
kosa kata
Listening
:
1. Melafalkan kosakata baru
2. Merespon ungkapan
Speaking
:
1. Melafalkan nama-nama tempat umum
2. Menjelaskan fungsi tempat-tempat umum
C.
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat :
Reading:
1. Melafalkan kosa kata baru dengan benar
setelah mendengarkan contoh dari guru dengan rasa percaya diri.
2. Menjodohkan kosa kata baru dengan gambar
dengan tepat.
3. Membaca teks dengan nyaring setelah diberi contoh dari
guru dengan intonasi dan
ucapan yang benar.
4. Menjawab pertanyaan dengan benar sesuai
dengan bacaan secara berpasangan dengan
benar.
Writing:
1. Menulis kalimat berdasarkan gambar dengan
ejaan yang benar sesuai dengan contoh.
2. Menulis kosa kata dengan ejaan yang benar
sesuai dengan contoh.
Listening :
1. Melafalkan kosakata baru tentang nama-nama
tempat umum dengan benar setelah diberi contoh
2. Merespon ungkapan tentang nama-nama tempat umum
dengan tepat berdasarkan intrusksi guru
Speaking :
1. Melafalkan nama-nama tempat umum yang sering
ditemui dalam kehidupan sehari-hari setelah diberi contoh dengan benar dan
percaya diri
2. Menjelaskan fungsi tempat-tempat umum yang
sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari dengan intonasi dan lafal yang benar
serta percaya diri
E. Materi Pembelajaran
Tema :
Public Places
Vocabularies :
-
Hospital -
Air Port -
Cinema
-
Mosque -
Post Office - Railway
station
-
Church -
Market -
Restaurant
Language Expressions :
“Where do the Mouslem
usually go for praying?”
“What do
the people do in
Hospital?”
F. Model Pembelajaran
Pendekatan: Cooperative Learning
Metode : 1. Listening: Number Head Together
2. Speaking: Inside-outside
Circle
3. Reading: Talking Stick
4. Writing : Think-Pair-Share
Teknik : ceramah, tanya jawab, diskusi
G. Kegiatan
Pembelajaran :
Kegiatan
|
Pendidikan Karakter
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan
Awal
1. Guru mengucapkan salam dan siswa merespon
2. Guru mengecek kebersihan kelas dan kerapian tempat duduk
siswa
3. Guru mengajak siswa berdoa dan siswa berdoa dipimpin
ketua kelas.
4. Guru mengecek presensi siswa dan siswa merespon.
5. Guru mengajak siswa bernyanyi
6. Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran dan siswa memperhatikan
|
1.Santun
2. Kebersihan lingkungan
3.Religious
4. Disiplin dan tanggung jawab
|
10’
|
Kegiatan
Inti
READING
1. Siswa menyimak contoh
dari guru cara melafalkan kosa kata dan ungkapan baru dan siswa menirukan. (TP1)
2. Siswa mengidentifikasi
gambar yang diberikan secara mandiri dengan menyebutkan kata dalam bahasa
Inggris secara mandiri.
3. Siswa mencari kata yang
sesuai untuk setiap secara berpasangan.(TP2)
4. Siswa menyimak contoh
cara membaca teks dan menirukan bersama-sama.
5. Siswa membaca teks secara bergantian. (TP 3)
6. Siswa diminta memahami
soal dan mencari jawabannya dengan membaca teks secara berpasangan.
7. Jika siswa mengalami
kesulitan guru menjelaskan arti dan maksud perintah.(TP4)
8. Siswa bersama guru
mendiskusikan jawaban. Siswa yang menerima stick dari guru diminta menjawab
sampai semua pertanyaan dijawab.
9.
Siswa diminta mengerjakan post test secara mandiri
WRITING
1. Siswa menyimak
penjelasan guru tentang kalimat sederhana.
2. Siswa memperhatikan
contoh cara melengkapi kalimat.
3. Siswa melengkapi
kalimat secara mandiri (TP1)
4.
Siswa dan guru mendiskusikan jawaban dengan cara siswa
menuliskan jawabannya di papan.
5.
Siswa memperhatikan contoh cara membuat kalimat
6.
Secara berpasangan siswa membuat kalimat. (TP 2)
7.
Siswa menuliskan jawabannya di papan dan mendiskusikan
jawaban bersama guru.
8.
Siswa mengerjakan post-test.
LISTENING
1.
Siswa menyimak contoh dari guru cara melafalkan kosa
kata dan dan ungkapan baru.
2.
Siswa menirukan pelafalan kosa kata dan ungkapan baru.
(TP 1)
3.
Siswa memperhatikan gambar yang ditunjukkan oleh guru
dan menyebutkan nama gambar dalam bahasa Inggris.
4.
Siswa memperhatikan dan menirukan contoh dari guru
pelafalan ungkapan “The hospital is in front of the bank.”
5. Siswa mengerjakan tugas
secara berpasangan untuk menjawab pertanyaan (TP2)
6. Siswa bersama guru
mendiskusikan tentang kesulitan dalam belajar listening.
7. Siswa mengerjakan
post-test listening berdasarkan soal yang dibacakan guru secara mandiri.
SPEAKING
1. Siswa
menyimak penjelasan guru tentang fungsi dari tempat-tempat umum. (TP1)
2. Siswa
menirukan pelafalan kosa kata dan ungkapan baru
3. Siswa
mempraktekkan dialog secara berpasangan
|
120’
|
|
Kegiatan
Penutup
1. Guru menanyakan
kesulitan siswa selama proses KBM.
2.
Guru
menyimpulkan pelajaran dan siswa merespon.
3.
Guru
menyampaikan tujuan rencana pembelajaran berikutnya dan siswa memperhatikan.
4.
Guru mengucap salam dan menutup pelajaran
|
10’
|
H. Sumber belajar :
1. Buku Acuan:
a.
SI dan SKL
b. Tim Penyusun BKS KKG Kota Kediri, 2010. BKS
Bahasa Inggris Semester 1 . Kediri.
2. Media: Gambar public place, Gambar kosa kata acak
I.Penilaian
1.
Instrumen
a.
Proses (terlampir dalam Student Worksheet)
b. Akhir (terlampir dalam evaluasi
akhir )
2.
Rubrik
Penilaian
a. Proses
Rubrik untuk pengembangan karakter siswa
No
|
Nama
|
Kerja
sama
|
Percaya
Diri
|
Menghargai
Pendapat
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
||
1.
|
…….
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
2.
|
…….
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
3.
|
…….
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
Keterangan
:
Rasa ingin tahu
( dilihat dari kecermatan, kecepatan, dan ketepatan dalam
menjawab pertanyaan )
BT : Belum Terlihat ( belum menunjukan
tanda-tanda rasa ingin tahu )
MT : Mulai Terlihat ( menunjukkan tanda-tanda
rasa ingin tahu )
MB : Mulai Berkembang ( mulai konsisten menunjukkan
rasa ingin tahu )
MK : Mulai Konsisten ( konsisten menunjukkan
rasa ingin tahu )
Mandiri
( Dilihat dari
kemandirian mengerjakan soal dari guru )
BT : Belum Terlihat ( belum menunjukan
tanda-tanda mandiri dalam mengerjakan tugas)
MT :
Mulai Terlihat ( menunjukkan tanda-tanda mandiri dalam mengerjakan tugas)
MB :
Mulai Berkembang ( mulai konsisten menunjukkan
tanda-tanda mandiri dalam mengerjakan tugas)
MK :
Mulai Konsisten ( konsisten menunjukkan tanda-tanda mandiri dalam mengerjakan
tugas)
Komunikatif
( Dilihat dari
partisipasi dalam bekerja sama baik dalam berpasangan maupun dalam kelompok )
BT :
Belum Terlihat ( belum menunjukan tanda-tanda aktif dalam bekerjasama)
MT :
Mulai Terlihat ( menunjukkan tanda-tanda aktif dalam bekerjasama dengan teman)
MB :
Mulai Berkembang ( mulai konsisten menunjukkan kemampuan bekerjasama )
MK : Mulai Konsisten ( konsisten menunjukkan
kemampuan bekerjasama)
b. Rubrik Penilaian Speaking
NO
|
NAMA SISWA
|
INDIKATOR PENILAIAN
|
JMLH
SKOR
|
NILAI
|
||
Fluency
|
Pronunciat
ion
|
Perform
ance
|
||||
1.
2.
3.
4.
5.
DST
|
Keterangan:
1. Fuency: Lancar sekali = 3, cukup lancar = 2, kurang lancar = 1
2. Pronunciation: Ucapan tepat = 3, cukup = 2, kurang = 1
3. Performance: Sangat percaya
diri = 3, cukup = 2, kurang = 1
c. Pedoman Penilaian Akhir:
A.
Setiap
jawaban benar dihargai 2,5 Nilai
maksimum 20
B.
Setiap
jawaban benar dihargai 5 Nilai
maksimum 25
C.
Setiap
jawaban benar dihargai 5 Nilai
maksimum 25
D.
Setiap
jawaban benar dihargai 10 Nilai
maksimum 30
Total Nilai 100
Mengetahui, Kediri,
11 Juni 2014
Kepala SDN Gogorante Guru
Bahasa Inggris
( ……………………….) (…………………….)
CATATAN:
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar